Sabtu, 09 Januari 2021

Teknik dan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah usaha memasarkan produk atau jasa dengan memakai pola perencanaan dan metode supaya bisa berhasil menjual lebih banyak apa yang dijual.


Tujuan dari strategi pemasaran antara lain:
-Meningkatkan kualitas koordinasi kepada tim pemasaran.
-Mengukur hasil pemasaran menurut standard prestasi yang berlaku.
-Memberikan dasar yang masuk akal didalam setiap mengambil keputusan.
-Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam pemasaran.

Teknik strategi pemasaran:
1. Melakujan segmentasi pasar
2. Perencanaan produk
3. Penetapan harga yang sesuai
4. Pendistribusian
5. Promosi
6. Penggunaan sosial media
7. Promosi mulut ke mulut
8. Penciptaan product branding
9. Pemberian insentif sebagai media promosi
10. Memberikan potongan harga/diskon

Prinsip pemasaran
Orang dikatakan menggunakan metode ilmiah jika dalam memecahkan suatu masalah ditandai oleh ciri ciri antara lain:
1. Merumuskan terlebih dahulu masalahnya
2. Mengumpulkan data yang berhubungan dengan masalah yang dilakukan dan diperoleh secara objektif
3. Mengelompokkan atau menggolongkan data yang diperoleh,diseleksi,diringkas,dan dimasak untuk menjadi informasi yang berarti
4. Menghubungkan antara masalah yang sedang dihadapi dengan informasi masak yang telah diperoleh
5. Menyusun beberapa alternatif cara cara pemecahan masalah
6. Mengambil salah satu dari berbagai alternatif yang telah disusun
7. Jika perlu sebelum mengumpulkan data seperti yang disebutkan pada butir 2 di atas dibuat rumusan dugaan atau hipotesis Sedangkan prinsip pemasaran adalah suatu dalil yang dapat dibuktikan kebenarannya.
Prinsip itu diperoleh berdasarkan atas pengalaman atau diperoleh atas dasar analisis dan konklusi dari fakta yang dikumpulkan.

Perencanaan pemasaran adalah bentuk dari proses manajemen yang mengarah pada strategi pemasaran dimana tujuan utamanya yaitu untuk mencapai tujuan pemasaran sehingga marketing plan dilakukan pada serangkaian proses yang sistematis dan melalui koordinasi untuk mendapatkan keputusan rencana pemasaran.

Demikianlah ulasan mengenai Perencanaan Pemasaran yang penting untuk bisnis Anda. Jika perusahaan tidak menjalankannya dengan baik, maka akan kesulitan bergerak mengikuti arah perubahan pasar. Alhasil, keuntungan yang didapatkan menjadi tidak maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar